TRIBUNNEWS.COM-Setiap tahun mulai tanggal 1 hingga 7 Agustus, masyarakat internasional memperingati Pekan Menyusui Sedunia.

– Beginilah cara Organisasi Kesehatan Dunia dan UNICEF mendukung ibu menyusui di seluruh dunia.

– Tema Pekan Menyusui Sedunia 2020 adalah ASI: ibu yang dilindungi, anak yang kuat, planet yang sehat.

Arist Merdeka Sirait, Ketua Komite Nasional Perlindungan Anak, menekankan bahwa ASI diperuntukkan bagi anak Hak fundamental. – “Menyusui adalah hak asasi manusia.“ Anak yang tidak bisa dikurangi, ”ujarnya kepada Tribunnews, Rabu (26/8/2020).

Ariste menjelaskan lebih jauh segudang manfaat menyusui .

Bacaan: Jamu Tradisional, Konsumsi Binahon Secara Teratur Dapat Menjaga 9 Manfaat Kesehatan Yang Akan Anda Dapatkan-Bacaan: Posisi Menyusui yang Nyaman untuk Bayi Setengah Tidur Tidak Bikin Ibu Sakit-Bacaan: Tidur untuk Bayi yang Disusui Nah, apa yang harus dilakukan ibu menyusui?

Menurut penjelasan Arist, ASI dapat mencegah terjadinya gizi kronis dalam jumlah besar yang disebabkan oleh kekurangan gizi dalam jangka panjang (retardasi tumbuh kembang), sehingga meningkatkan kesehatan anak., ASI juga dapat memperkuat kekebalan tubuh terhadap segala virus, terutama virus Covid-19 yang kita hadapi, “kata Ariste.

Pria kelahiran 17 Agustus ini juga mengemukakan bahwa menyusui juga dapat mengurangi ketergantungan pada ibu. Susu formula.

“Menyusui dapat menyelamatkan bumi dan lingkungan. Menjadi cantik.”