TRIBUNWOW.COM-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kondisi cuaca ekstrem di banyak wilayah pada Sabtu (11 November 2020). -BMKG juga menyediakan peta sebaran potensi gelombang di beberapa perairan di Indonesia.

TribunWow.com BMKG mengabarkan, Inilah detail informasi peringatan dini kondisi cuaca ekstrem di Indonesia:

Baca juga: Informasi BMKG-Prakiraan cuaca hari ini untuk 33 kota pada Jumat, 6 November 2020: Banjarmasin Waspadai Petir — BMKG menyatakan bahwa sirkulasi siklon di Pasifik Utara dari Papua Barat hingga lapisan 925-700 hPa sedang dipantau, mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang dari perairan Papua Utara hingga ke Utara. Pasifik Papua Barat.

Sirkulasi siklon ini juga secara tidak langsung menyebabkan terbentuknya zona pertemuan dan perlambatan kecepatan angin. Kecepatan (konvergensi) dari Kalimantan bagian utara di timur, Selat Makassar bagian utara hingga pantai selatan Ara Kolonial di barat Kalimantan Barat, membentuk zona perlambatan kecepatan angin yang membentang dari Kalimantan Barat bagian utara hingga Kalimantan Barat. Selat Tengah Karimata. – Sirkulasi siklon 925-700 hPa lainnya terjadi di Samudera Hindia sebesar 925-700 hPa di perairan barat Bengkulu dan Aceh Timur. – Kondisi ini dapat meningkatkan area sirkulasi siklon dan disekitar pertemuan. daerah Awan hujan tumbuh dan memperlambat kecepatan angin (konvergensi).