Sebuah laporan oleh reporter tribunnews.ckm Genius Lusius-TRIBUNNEWS.COM, kisah Petualangan Jakarta Tintin pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1975. Ketika diterjemahkan untuk pertama kalinya, seri komik petualangan dunia yang direkam ini berjudul “The Secret of Black Island.” -Marion Apitule-Sudewo (67 tahun), lelaki yang berkontribusi pada penerbitan The Adventures of Tintin di Indonesia. Julukannya adalah Ah Yong, perempuan yang lahir di Tanjung Pandan, Belitung pada 9 Mei 1953. Ayon mulai menerjemahkan “The Adventures of Tintin (1974), Ayon berusia 21 tahun.

Pada saat itu, ia sedang belajar untuk mendapatkan gelar sarjana Sastra Inggris di Fakultas Sastra di Universitas Indonesia (FSUI). -Baca: CFD pertama selama pandemi. Sekarang, penduduk ibukota langsung ramai. Ini adalah respon dari polisi-Ah Yong mengatakan dia sekarang telah pensiun dari industri terjemahan. Dia berkata: “Jadi, seorang ibu rumah tangga, kebanyakan dari mereka membantu anak-anak menjual kue dan coklat, tetapi sampai beberapa tahun yang lalu, saya selalu memiliki terjemahan gratis, tetapi sekarang saya tidak.” Dia pada Sabtu (20/6). ) Mengatakan Tribune.

Baca: Kakek Kebumen tiba-tiba ditangkap dan kemudian meninggal karena seorang wanita yang berpacaran

Ayon tidak lagi muda dan mengklaim telah lupa berapa banyak seri Petualangan Tintin telah diterjemahkan. Dia berkata: “Tampaknya buku pertama yang saya terjemahkan tidak lebih dari 10.”

Ai Yong memberi tahu kami bahwa terjemahan seri “The Adventures of Tintin” sangat menarik. Dia telah mengetahui kisah-kisah wartawan yang cerdas sejak dia masih kecil.

Membaca: Tip untuk melintasi lereng curam saat mengemudi

“Saya sudah mengenal komik Tintin sejak saya masih kecil, tetapi pada saat itu, saya membaca komik Tintin dalam bahasa Belanda. Judulnya adalah KUIFJE.”

“Saya kenal Ding Ding ketika saya masih kecil. Itu bukan dalam bahasa Prancis atau Inggris. Orang tua saya memberikannya kepada saya dan saya tidak tahu dari mana asalnya. Karena saya sudah lama sekali, saya masih berbicara bahasa Belanda di rumah ini.