TRIBUNNEWS.COM-Orang tua selalu berusaha memberikan hal terbaik untuk anak-anak mereka.

Tidak jarang bagi beberapa orang tua untuk berpikir bahwa bermain hanyalah buang-buang waktu anak-anak dan harus digunakan untuk belajar atau beristirahat.

Tapi yang jelas, bermain game memiliki manfaat positif.

Psikolog Anna Surti Ariani (S.Psi., M.Sc., Psi) mengungkapkan ini. Bahkan tidak banyak mendapat manfaat di sekolah.

“Melalui permainan, anak-anak dapat belajar lebih banyak tentang menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, anak-anak memiliki ide tentang bagaimana menyelesaikan masalah,” kata Anna dalam pertemuan virtual. Pentingnya bermain untuk pertumbuhan anak-anak, Rabu (2020/22/20). Apakah itu besar? Ini adalah kata-kata psikolog-selain mencari solusi untuk masalah, permainan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak-anak.

“Anak-anak dapat meningkatkan rasa pencapaian mereka, misalnya, mereka dapat membuat menara mereka lebih tinggi dari kemarin. Dia pikir itu” efektif “dan dapat meningkatkan kepercayaan diri,” kata Anna lagi.

Permainan juga dapat meningkatkan koordinasi motorik kasar dengan mengoordinasikan jari, mengoordinasikan tangan dan kaki dan keterampilan motorik halus.

Ketika anak-anak bermain dengan teman, mereka juga bisa mendapatkan manfaat lain, yaitu, mereka dapat meningkatkan kemampuan mereka. Anak-anak bersosialisasi.

Untuk alasan ini, Anna berharap orang tua memberi anak-anak mereka waktu untuk bermain sendiri, dengan teman, atau dengan orang tua mereka.

“Kadang-kadang, orang tua benar-benar berpikir bahwa permainan adalah buang-buang waktu. Karena itu, lebih baik bagi anak-anak untuk belajar, belajar, dan tidur. Bahkan dengan banyak manfaat,” kata Anna. Tampil di Kompas.com dengan tajuk “Ketahui manfaat membiarkan anak-anak bermain”