GARUT TRIBUNNEWS.COM-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) menggelar HUT RI ke-75 di Gunung Papapdayan, Garut, Jawa Barat, Senin (17/8/2020). -Tim panjat tebing memulai perjalanan dari pintu masuk WIB sekitar pukul 07.30 dan tiba di lokasi upacara Pondok Salada sekitar pukul 09.30 WIB.

Setelah sampai di lokasi upacara, de Kemenparekraf dan tim APGI langsung berangkat dan berbaris sambil mengibarkan bendera merah putih. -Mereka menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, lalu terdiam beberapa saat, mendoakan almarhum pahlawan.

Baca: Video Viral Pendaki Kaget dan Tutup Sementara Pendakian Gunung Lawu Lewat Cemoro Sewu

– Bacaan: Usai Mendaki Gunung Prau Igirmranak Dibuka, Berikut Syarat dan Ketentuan Yang Harus Diperhatikan — -Setelah itu, Kemenparakraf memberikan bantuan perlengkapan pendakian kepada 380 anggota APGI dan komunitas pendakian di Indonesia. Arya Galih Anindita, Kepala Dinas Pariwisata Kementerian Pariwisata, mengatakan perlengkapan pendakian yang disediakan adalah sepatu hiking, jas hujan, tas, dan topi rimba. Produk buatan Indonesia.

Arya berkata: “Ini dukungan kami kepada pemandu gunung, yang menggemakan kebanggaan Indonesia, karena banyak produk lokal yang bisa digunakan.”

Dalam trek ini, Kemen Parivlav juga mensosialisasikan tata cara sanitasi untuk mendaki gunung, seperti memakai masker, menjaga jarak dan selalu cuci tangan.