TRIBUNNEWS.COM-Badan Meteorologi Iklim dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang (Ahmad Yani Semarang) memprediksikan hujan akan turun di banyak kota dan wilayah di Jawa Tengah dalam tiga hari ke depan.

BMKG membutuhkan curah hujan sedang sampai kuat, yang dapat disertai petir atau angin kencang. Ketua -BMKG Ahmad Yani Semarang dan Achadi Subarkah Raharjo menjelaskan bahwa prediksi tersebut didasarkan pada analisis beberapa angka. Fenomena atmosfer. Rossby Ekuatorial (fenomena pergerakan sistem konveksi udara di atmosfer yang merambat ke arah barat melalui wilayah Indonesia) dan osilasi Madden Jullian (fenomena pergerakan sistem konveksi udara yang merambat ke arah timur dan menembus atmosfer wilayah Indonesia) “, terima Demikian pernyataan tertulis Tribunnews, Minggu (27 September 2020) .

Baca: 28 September BMKG n Peringatan Dini Kondisi Cuaca Ekstrim: 10 Potensi Hujan Lebat dan Berangin

Baca: Peringatan Gelombang BMKG Mencapai 6 Juta di Bengkulu di Samudera Hindia pada 28 September 2020-Baca: Peringatan Cuaca Ekstrim BMKG Senin 28 September 2020: 6 Kemungkinan Daerah Hujan dan Berangin-Subarkah terus mengatakan bahwa hal ini akan membantu meningkatkan jumlah udara lembab, sehingga mendukung pembentukan awan hujan dalam beberapa hari ke depan.Kondisi ini disebabkan oleh kenaikan suhu permukaan laut yang luar biasa hangat di perairan Indonesia. Terbentuknya zona perlambatan dan konvergensi yang memanjang di sepanjang pantai barat Sumatera, Selat Karimata, sebagian Pulau Jawa, Selat Makassar dan Laut Banda, serta didukung oleh kondisi atmosfer yang lembab dan panas di sebagian besar wilayah Indonesia. Berikut adalah daftar wilayah yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat dalam tiga hari ke depan mulai 27-29 September 2020:

27 September 2020

– Banjarnegara

– Purbalingga