Dilaporkan wartawan Tribunnews.com Hasanudin Aco-Medan TRIBUNNEWS.COM-Senin (10/8/2020) Senin pukul 10.16 WIB, Gunung Puncak Sina menyembur lagi, di ketinggian 7.460 meter. Menurut laporan interim, letusan ini telah menimbulkan efek abu yang serius di tiga kecamatan di Kabupaten Karo, yaitu Distrik Namandran, Distrik Bellastagui dan Distrik Berita Independen.

Politisi PDI Perjuangan, biasa disapa Bob Sitepu, mengimbau pemerintah daerah Sumatera Utara (termasuk provinsi, daerah, dan partai lain) bertindak cepat membantu di Kabupaten Tanakaru Masyarakat terkena dampak letusan Gunung Sinabong.

“Saya menyampaikan simpati kepada masyarakat yang terkena dampak. Saya meminta kepada gubernur, bupati, aparat keamanan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Basanas dan seluruh pemangku kepentingan pemerintah pusat untuk segera membantu dan menghentikan kegiatan Warga di wilayah tertentu menghindari korban, ” kata Bob dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (10/10/2020) .

Baca: Djarot dalam Pilkada Medan Pilkada Kota Medan kehilangan asisten Bobby Nasution – Menurut data sementara Dinas Pertanian, kerugian pertanian akibat letusan ini mencapai 41 miliar rupiah.

“Sebagai wakil rakyat, saya Bersiaplah untuk berbicara dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian, agar saya dapat segera membantu para petani yang dirugikan. “

Sebagai bagian dari upaya penanggulangan dan pencegahan bencana, lanjut Bob dari BMKG. Saya berharap berbeda dengan peralatan yang masih menggunakan perkakas tangan, akan dipasang peralatan pemantauan letusan yang lebih canggih.

Tujuannya untuk mendekatkan Gunung Xinbang Masyarakat dapat memperoleh informasi peringatan dini yang lebih kompleks dan dapat memprediksi kerugian akibat letusan gunung tersebut.

“Demikian pula masyarakat di sekitar Gunung Sinaban dihimbau untuk menaati Protokol Covid-19 dan mematuhi peraturan pemerintah,” Kata Sitp.