TRIBUNNEWS.COM di Makarska State-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan bencana hidrometeorologi masih dapat terjadi pada akhir Juni 2020. Direktur Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Raditya Jati mengatakan. Dalam rilisnya, Senin (29/6/2020).

Menurutnya, masyarakat perlu bersiap untuk menyelamatkan nyawa. Hal itu dilakukan oleh masyarakat, misalnya Buatlah peta wilayah yang rawan banjir dan longsor.

Dan periksa kondisi tanah di tanah.Selain itu, hujan deras dan curah hujan yang terus menerus dapat menyebabkan banjir.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ) Berdasarkan analisis baseline ketiga, beberapa daerah masih memiliki kemungkinan curah hujan, dengan curah hujan sedang sampai deras. – Daerah tertentu di Sulawesi, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. -Bahkan pada awal Juli 2020, wilayah tersebut kemungkinan masih mengalami curah hujan sedang. -Pusat Pengendalian Bisnis (Pusdalops) BNPB mencatat banjir susulan di beberapa pulau antara lain Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara Dan Longsor. -Baca: Longsor di Poros Palopo-Tolaha, Menteri PUPR Bangun Jembatan Gantung 120 Meter-Baca: Longsor Memotong Sungai Sulawesi Hingga Palopo-Tola Ha longsor, masih ada 25 mobil yang terjebak