Reporter berita Tribunnews Choirul Arifin-Jakarta TRIBUNNEWS.COM-Bupati Trenggalek H Mochamad Nur Arifin mencanangkan program 1 juta nelayan berdaulat Trenggalek di Tasikmadu hari ini (Kamis, 24 September 2020) dan mengumumkan ekspor nelayan berdaulat Prigi. Sebuah desa kecil di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur.

Rencana ini merupakan rencana nasional yang digagas oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal Republik Indonesia dan diprakarsai oleh Menteri Koordinator Bidang Koordinasi Luhut Binsar Pandjaitan tahun lalu. Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. —— Bupati Arifin menjelaskan, rencana yang dijalankan dengan start-up teknologi fishOn merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi kemiskinan di wilayah pesisir, terutama di kalangan nelayan nelayan dan nelayan skala kecil yang menyasar kapal dengan tonase kotor kurang dari 10 ton. . Jaket dan Topeng Kesadaran Nelayan-Rencana berfokus pada tiga (tiga) masalah besar bagi nelayan skala kecil, yaitu permodalan, teknologi penangkapan ikan, dan penjualan. Sebagai perusahaan startup teknologi, fishOn menggandeng Bank BNI, Communal dan PNM Mekaar sebagai solusi permodalan.

“Akses permodalan (nelayan) selalu menjadi kendala utama bagi nelayan. Bisa dikatakan mereka adalah ketergantungan nelayan pada pinjaman modal. Bupati Arifin mengatakan:“ Sektor keuangan informal seperti tengkulak dan lintah darat, serta sistem ijon Artinya, nelayan kecil tidak memiliki posisi tawar dalam menjual hasil tangkapannya. “Saldo yang ada di aplikasi, oleh karena itu saldo modal kerja nontunai ini menjadi cara baru bagi nelayan untuk bertransaksi .

Baca: Kisah Nelayan Melaut Selama Tiga Hari Masuk Kotak Ikan Hingga Diselamatkan Tim SAR– –Kemudian para nelayan yang sudah memiliki timbangan elektronik ini bisa membeli alat bantu penangkapan ikan, seperti BBM dan jatah yang disebut Madani Mart.

Koperasi juga di Koperasi Syariah Madani Maslahah Indonesia atau toko nelayan Prigi Sovereign Commari. Diikuti oleh Dedy Miharja, Asisten Koordinasi Sumber Daya Kelautan Departemen Koordinasi Marves, dan Asisten Deputi Divisi untuk meningkatkan daya saing hasil laut dan perikanan.