Laporan oleh Tribunnews.com reporter Rina Ayu MALANG-Tribunnews.com-Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, aktivitasnya meningkat pada Selasa (3/3/2020).

Ketika orang yang bertanggung jawab melaporkan bencana Agus Wibowo, staf pusat komunikasi dan informasi BNPB, Gunung Semeru, membagikan awan panas tiga kilometer jauhnya.

— Agus mengatakan bahwa kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subacho di Kabupaten Malang melaporkan pada Selasa (3/3) di Dana Margasatwa Dunia (WIB) 17,33, Jawa Puncak tertinggi pulau ini termasuk dalam tingkat II (Waspada).

Baca: Gunung Api Semeru meletus 49 kali dan meletus lava 14 kali

“Awan panas yang diamati turun hingga 540 detik gempa bumi dengan amplitudo maksimum 23 mm. Peluncuran panjang” awan termal “mengarah ke pusat longsoran salju Ledakan Gemini dan Besuk berjarak sekitar 750 meter dari kawah utama. “

Jelaskan bahwa fenomena alam ini sering terjadi dan keadaan saat ini masih aman dan terkendali.

“Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana dan BPBD terus mendesak masyarakat untuk tidak membawa Argus:” Ini adalah rute lalu lintas dalam radius sekitar satu kilometer dan jarak sekitar empat kilometer di lereng tenggara-tenggara.

Selain itu, masyarakat harus selalu waspada terhadap kemungkinan awan hangat meluncur di kawah Janggring Saloko untuk mencegah fenomena alam menjadi bencana di masa depan.