JAKARTA, TRIBUNNEWS.COM-Beberapa waktu lalu, setelah Presiden Jokowi berbincang lewat telepon dengan Presiden AS Donald Trump, nama “Bupati Brebs” kerap menjadi sinonim. -Untuk Donald Trump, Jokowi memberikan peluang investasi dan kawasan industri di pantai Jawa Utara sebagai lokasi relokasi pabrik milik investor Amerika dari China. Fakta Fakta-Baca: Trump yang berkunjung ke pabrik Ford Michigan menolak memakai topeng-Pembicaraan rahasia yang diungkap Menteri Kelautan dan Menteri Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengatakan Jokowi menyediakan wilayah di Jawa Tengah, Lokasi sangat bagus, dekat dengan Jakarta.

“Sekarang ada 4000 hektar di Jawa Tengah. Ini ingin dibuat kawasan ekonomi khusus untuk industri farmasi. Saya bicara dengan Pak Ganjar, Gubernur Jawa Tengah. Selama ini kami sudah mulai bekerja di sana,” Kata Luhut, dikutip dari jaringan RRI saluran YouTube.

Tanah yang sangat luas ini terbentang di dekat Pantai Regent yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat. Lokasinya berada di Kecamatan Bulakamba, Losari dan Tanjung 3.

Setelah pembuat sepatu Adidas PT Shyang Yao Fung memindahkan pabriknya dari Tangerang ke daerah penghasil telur asin dan daun bawang, Brebs pun menjadi titik terang. -Saat yang sama, menurut laporan Harian Kompas pada 13 Mei 2020, Brebs memiliki hampir 4.000 hektar lahan yang siap dijadikan Kawasan Industri Brebs (KIB). Jawa Tengah akan dilengkapi dengan ekosistem bisnis seperti Komersial dan Hunian. Model ini diharapkan dapat menarik lebih banyak investor.

KIB merupakan salah satu kawasan yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menampung peluang investasi asing.